polemik sidang isbat


Berbicara sidang isbat pasti yang terbisit dalam pikiran umat muslim adalah ramadhan sebentar lagi pemerintah dan para ormas islam tentunya sedang mempersiapkan teori masing - masing khususnya kementrian agama tak ingin salah dalam menentukan  1 ramadhan.
Wacana peniadaan sidang isbat penentuan awal puasa Ramadhan dan 1 Syawal yang disampaikan Denny JA menunjukkan bahwa pendiri Lingkaran Survei Indonesia dan Lembaga Survei Indonesia itu tidak memahami sistem dalam ajaran Islam.
Ramadhan memiliki keistimewaan. Dalam hadits jelas disebutkan, awali puasa dengan rukyah (melihat hilal) dan mengakhirnya dengan rukyah. Begitu disampaikan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Raihan Iskandar, kepada Rakyat Merdeka Online, Kamis (15/8).
Pemerintah telah menyatakan 1 Ramadan 1436 Hijriah jatuh pada 18 Juni 2015. Penetapan awal puasa ini dilakukan melalui sidang isbat yang dilakukan pemerintah bersama para pemuka agama di Kementerian Agama, Selasa (16/6)Ada yang berbeda dalam sidang isbat kali ini. Selain Menteri AgamaLukman Hakim, pimpinan ormas Islam, ahli astronomi dan ilmu falak serta perwakilan negara sahabat yang mayoritas penduduknya beragama Islam, tampak hadir Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin
Ini adalah kali pertama petinggi Muhammadiyah hadir dalam sidang isbat setelah absen selama 3 tahun. Tercatat, sejak Kementerian Agama dipimpin oleh Suryadharma Ali, Muhammadiyah melewatkan kesempatan menghadiri sidang isbat penentuan awal puasa dan hari raya Idul Fitri.Merdeka.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tehnik Persidangan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

SEJARAH KAPITALISME DAN REVOLUSI INDUSTRI

PENJAJAHAN VOC DI INDONESIA